Berikut saya akan menerangkan pengertian dan fungsi Mekanisme Katup,berikut ulasannya :
Mekanisme Katup adalah Sistem
untuk menggerakkan katup baik secara manual maupun hidrolis. dan dalam
jangka waktu tertentu mekanisme tersebut harus di standartkan lagi, atau
di setel ulang agar tenaga mesin seperti semula, karena mekanisme katup
mengatur membukanya katup sesuai waktunya. Walaupun kecepatan maksimal
kendaraan, katup tidak akan sampai salah dalam membuka maupun menutup,
oh iya KATUP sendiri berasal dari kata buKa dan tuTup sehingga di
singkat menjadi KATUP, sesuai dengan fungsi komponen tersebut. Katup
juga ada dua jenis yaitu :
- Katup IN
katup untuk intake manifold - Katup EX
katup untuk exhaust manifold
Dalam menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge, biasanya untuk Kijang Super celah katup untuk IN adalah 0,2 dan 0,3.
Jenis jenis dari mekanisme katup berdasarkan jenis penggeraknya adalah
- OHV ( Overhead Valve )
yaitu katup berada diatas silinder block dan noken as atau camsaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini : - OHC ( Overhead Camsaft )
pada tipe ini, camsaft langsung menggerakkan rocker arm tanpa push rod maupun valve lifter, gambarnya di bawah ini : - DOHC ( Doubel Overhead Camsaft )
Pada tipe ini sama dengan tipe OHC hanya saja ada 2 camsfat dan tentunya katupnya bertambah. sehingga pada tipe ini satu silinder menggunakan 4 katup sekaligus, 2 katup IN dan 2 katup EX.
No comments:
Post a Comment